Kamis, 24 Desember 2009

MENGIDENTIFIKASI PERANGKAT LUNAK LEMBAR KERJ A BESERTA FUNGSI IKON DAN MENUNYA

MENGIDENTIFIKASI PERANGKAT LUNAK LEMBAR KERJA BESERTA FUNGSI IKON DAN MENUNYA

A. Manfaat Program Lembar Kerja

Program lembar kerja mempunyai kemampuan dasar seperti untuk membuat,mengedit,dan mengatur format lembar kerja. Microsoft Excel XP merupakan salah satu program lembar kerja yang populer.

Microsoft Excel dapat digunakan untuk membantu dalam melakukan pengolahan angka-angka untuk membantu menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan pada berbagai bidang. Microsoft Excel XP dilengkap dengan kemampuan untuk menghitung dengan menggunakan rumus dan membuat grafik. selain itu juga dilengkapi fasilitas hyperlink yang dapat digunakan untuk membuka dan mengaktifkan data atau informasi yang terdapat pada lembar kerja maupun file yang berbeda,bahkan pada web tertentu.

B. Mengaktifkan Program

Untuk mengaktifkan program aplikasi Microsoft Excel, terdapat beberapa cara yang dapat digunakan, misalnya melalui menu start pada taskbar, ikon pada desktop, ikon file dengan format.xls, atau mengetik EXCEL pada kotak dialog Run. Cara untuk mengaktifkannya melalui tombol start pada taskbar, kemudian pilih All programs dan Microsoft Excel.

C. Menggunakan Menu Pada Microsoft Sxcel

Menu standar dari Microsoft Excel terdiri atas menu file, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Window, dan Help.

* Menu file adalah menu yang berisi perintah-perintah untuk mengolah buku kerja(workbook) Microsoft Excel.
* Menu Edit merupakan menu yang digunakan untuk melakukan beberapa perubahan pada dokumen atau lembar kerja yang sedang aktif.
* Menu View merupakan menu yang berisi perintah-perintah yang berhubungan dengan pengaturan lingkungan dan lembar kerja pada Microsoft Excel.
* Menu Insert merupakan menu yang perintah-perintah yang diperlukan untuk melakukan penyisipan pada lembar kerja.
* Menu Format merupakan menu yang berisi kumpulan perintah yang digunakan untuk mengatur format dasar dari lembar kerja.
* Menu Tools berisi perintah-perintah yang digunakan untuk melakukan pengecekan ejaan, pengaturan workbook agar dapat digunakan oleh pengguna komputer lain.
* Menu Data tediri atas perintah-perintah yang digunakan untuk pengolahan data yang terdapat pada lembar kerja.
* Menu Window digunakan untuk mengatur jendela kerja dari MS Excel yang sedang aktif.
* Menu Help merupakan menu bantuan untuk mencari informasi yang diperlukan pada saat bekerja dengan Microsoft Excel.

D. Ikon pada Microsoft Excel

Ikon-ikon diwakili dengan simbol atau gambar yang merupakan gambaran dari suatu perintah. Sebagai contoh, ikon print digambarkan dengan gambar printer. Ikon-ikon pada Microsoft Excel dikelompokkan dalam toolbar, dimana secara default toolbar yang ditampilkan oleh Microsoft Excel, yaitu toolbar Standard dan toolbar Formating yang terletak di bawah menu bar.
Ikon-ikon pada toolbar Standard terdiri dari fungsi-fungsi dasar dari Microsoft Excel.
toolbar Formating terdiri atas ikon-ikon yang berfungsi untuk menjalankan perintah-perintah untuk mengatur format dasar dari dokumen.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar