Kamis, 24 Desember 2009

MENGGUNAKAN INTERNET UNTUK MEMPEROLEH INFORMASI

MENGGUNAKAN INTERNET UNTUK MEMPEROLEH INFORMASI

Untuk mencari atau menemukan suatu informasi , kita dapat menggunakan mesin pencari yang di sebut dengan istilah search engine. Search Engine merupakan sebuah situs khusus yang di rancang untuk menyimpan katalog serta manyusun daftar alamat tersebut bedasarkan topoik tertentu.
Daftar sumber daya pada internet :
• E-mail : di gunakan untuk melakukan pertukaran surat elektronik.
• Newsgroup : forum diskusi.
• Mailing List : Kelompok diskusi dengan menggunakan surat elektronik.
• WWW ( World Wide Web ) : Sistem yang menungkinkan pengaksesan informasi dalam internet melalui pendekatan hypertext
• Telnet : Fasilitas yang memungkinkan pengguna melakukan koneksi ke suatu sistem komputer.
1. URL ( Universal Resource Locator )
Merupakan alamat sebuah situs atau dokumen dari sumber lainnya di internet yang terdapat pada web. URL adalah konsep nama file standar yang di perluas dengan jaringannya.
2. Homepage
Adalah istilah untuk menyebut halaman pertama yang akan kamu lihat jika sebuah situs web di akses dan merupakan suatu informasi dalam World Wide Web.
Web page atau halaman web merupakan istilah lama yang tidak kalah penting untuk kamu ketahui. Website dapat di artikann seperti sebuh buku maka sebuah web page page merupakan salah satu halaman dari website tersebut.


Mendeskripsikan Hypertext & HTML

1. Hypertext
Adalah teks yang di lengkapi dengan link atau hubungan dengan tempat tujuan.
2. HTML
Halaman web adalah sebuah dokumen HTML. Artinya untuk menulis halaman web digunakan HTML. HTML dalah suatu bahasa yang menggunakan tanda – tanda tertentu untuk menyatakan kode-kode yang harus di tafsirkan oleh browser.

Mesin pencari web atau yang lebih dikenal dengan istilah web search engine merupakan program komputer yang dirancang untuk mencari informasi yang tersedia didalam dunia maya . Berbeda halnya dengan direktori web (seperti dmoz.org) yang dikerjakan oleh manusia untuk mengelompokkan suatu halaman informasi berdasarkan kriteria yang ada, web search engine mengumpulkan informasi yang tersedia secara otomatis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar