Kamis, 24 Desember 2009

MEMBUAT HOMEPAGE INTERAKTIF

MEMBUAT HOMEPAGE INTERAKTIF

A. Memprogram Web

1. persiapan Software
Software yang dibutuhkan untuk membuat homepage dinamis atau interaktif yaitu seperti sistem operasi, Internet Information Services (IIS), Microsoft Access, Microsoft Frontpage, Microsoft Internet Explorer, dan komponen Open Database Connectivity (ODBC).

*Sistem Operasi
*IIS
*MS FrontPage
*MS Access
*ODBC

2. Persiapan Direktori Kerja
Seperti langkah awal pada saat kita akan membuat homepage sederhana, kita harus mendefinisikan tempat kerja dalam komputer yang akan digunakan sebagai web server.

3. Persiapan Skenario User Interface
Skenario form harus dibuat untuk memberikan gambaran apa yang akan dikerjakan. Terdapat dua form yang akan dibuat dengan fungsi sebagai form untuk memasukkan dan menampilkan data siswa dari database.

4. Persiapan Komponen IIS
Setelah dua file yang akan kita modifikasi dalam pemrograman selesai dibuat, kita harus mempersiapkan web server. Untuk menjadikan sebuah komputer sebagai web server, dalam komputer tersebut harus terinstal Internet Information services (IIS). Web server yang akan digunakan adalah komputer lokal tempat kita bekerja dengan tambahan fasilitas IIS.

* Pengaksesan menggunakan port
* Pengaksesan menggunakan direktori virtual

5. Pemilihan Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman yang secara otomatis disediakan oleh Microsoft jika kita menggunakan IIS adalah Microsoft Active Server Pages (ASP). ASP merupakan suatu skrip yang bersifat server side yang ditambahkan pada halaman HTML untuk membuat sebuah web menjadi lebih menarik, dinamis, dan interaktif. Sever side berarti bahwa proses pengerjaan skrip berlangsung di server bukan di browser atau client.

karena bersifat server side, maka untuk dapat dijalan pada sebuah PC biasa yang berbasis Windows, PC tersebut perlu disimulasikan menjadi sebuah web server dengan menginstal Microsoft Personal Web Server (PWS) atau Microsoft Internet Information Services (IIS). Bahasa skrip yang digunakan oleh ASP Adalah Microsoft VBSscript dan Microsoft Jscript.

Sebuah file ASP merupakan file text only yang didalamnya berisi text,tag HTML,dan skrip ASP. Jadi, dapat dikatakan bahwa file ASP sebenarnya merupakan file HTML biasa yang ke dalamnya ditambahkan skrip ASP. Skrip ASP diletakkan dimana saja seperti kita meletakkan tag HTML. Untuk membedakan antara text,tag HTML,dan skrip ASP maka digunakan suatu tanda yang disebut delimiter. Delimiter adalah suatu karakter atau kumpulan karakter yang mengawali dan mengakhiri suatu tag atau skrip.

* Deklarasi Variabel
* Blok kode ASP
* Statement input,output,logika dan looping
* Operasi pengaksesan data

B. Memprogram Database Web Interaktif

1. Pembuatan Database
Setelah semua yang diperlukan disiapkan, langkah selanjutnya adalah melakukan pembuatan database data menggunakan Micdrosoft Access yang merupakan bagian dari Microsoft Office.

2. Pembuatan Data Source Name (DSN)
Setelah database dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat Data Source Name (DSN)Pembuatan DSN ini akan mempermudah pengaksesan data dari program ke database.

3. Pemrograman
Pemrograman dilakukan setelah menyelesaikan pembuatan DSN. Untuk pemrograman ini akan ditampilkan halaman HTML dan halaman modifikasi menjadi ASP.

4. Pengujian (Testing)
Langkah terakhir adalah pengetesan hasil pemrograman. Testing ini akan memberitahukan kepada kita jika terdapat kesalahan dalam coding yang kits lskuksn. Kesalahan tersebut akan langsung ditampilkan dalam browser yang kita akses.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar