Kamis, 29 April 2010

PENGENALAN DATABASE

PENGENALAN DATABASE

Database atau basis data dapat dibayangkan sebagai ibarat sebuah lemari arsip. Jika anda bekerja diperkantoran tentu banyak arsip atau dokumen kantor yang disimpan ke dalam lemari tersebut. Sering anda melihat bahwa penempatan arsip di dalam lemari tidak dilakukan secara sembarangan atau acak,tapi diberi pembeda antara satu arsip dengan arsip yang lainnya. Pembedaan dapat berupa nomor urut, warna sampul, urutan letak atau berdasarkan tanggal dan lain sebagainya.

Begitu juga halnya dengan buku telepon/alamat yang anda punyai, biasanya diatur menurut abjad nama atau kategori tertentu, seperti teman, keluarga, klien dan lain sebagainya. Semuanya disimpan dan diatur menurut aturan tertentu sesuai dengan yang diinginkan.

Upaya anda untuk menyusun dan melakukan hal diatas baru akan terasa jika data arsip dan daftar alamat yang dimiliki sudah banyak, sebab anda dapat mengambilnya secara cepat dan mudah. Bayangkan jika semua arsip atau daftar buku alamat tiadak diatur penyusunannya, tentu akan mempersulit anda bukan?Secara prinsip, dalam database tercakup dua komponen penting, yaitu : Data dan Informasi. Jadi tujuan akhir anda adalah bagaimana mengelola data sehingga mampu menjadi informasi yang diinginkan dan dapat dilakukan proses pengambilan, penghapusan, pengeditan terhadap data secara mudah dan cepat (Efektif, Efisien dan Akurat).

Database Management Sistem (DBMS) adalah perangkat lunak (software) yang berfungsi untuk mengelola database, mulai dari membuka database itu sendiri sampai dengan proses yang berlaku dalam database tersebut, baik berupa entri, edit, hapus, query terhadap data, membuat laporan
dan lain sebagainya secara efektif dan efisien. Salah satu DBMS yang sangat terkenal saat ini adalah Relational DBMS (RDBMS). RDBMS mempresentasikan data dalambentuk tabel-tabel yang saling berhubungan. Sebuah tabel disusun dalam bentuk baris (record) dan kolom (field). Contoh dari RDBMS ini, diantaranya; MySQL, Oracle, Sybase, dBase, Ms. SQL, Ms. Access dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar